Kamis, 15 Februari 2018

Mengenal Penyakit Langka Hematidrosis Lebih Dekat

Seorang wanita di India secara kejam disebut sebagai penyihir oleh suaminya sendiri. Geeta, seorang wanita asal Bihar, India, memiliki penyakit langka yang menyebabkannya berdarah. Katanya kondisinya memburuk setiap hari. Hal ini menyebabkan suaminya meninggalkan Geeta tahun lalu.

Tak hanya mata, penyakit ini juga menyerang bagian tubuh lainnya. Dr. Vinayak Kumar Singh, yang merawat Geeta di Rumah Sakit Sadar, mengatakan bahwa jumlah sel darah dan gumpalan berfungsi normal.

Diketahui bahwa cara meninggikan badan Geeta memiliki hematidrosis. Kondisi ini tidak menimbulkan rasa sakit atau tiba-tiba datangnya pasien.

Hematidrosis

Menurut laporan Healthline, hematidrosis adalah kondisi langka dimana seseorang berkeringat darah. Penyakit ini juga dikenal sebagai hematohidrosis dan hemidrosis.

Karena sangat jarang, banyak orang tidak tahu hematidrosis. Namun, penyakitnya sangat nyata. Keringat darah mungkin muncul di permukaan tubuh. Terutama di wajah dan dahi.

Penyebab hematidrosis

Tidak banyak informasi yang tersedia tentang hematidrosis. Karena kondisi yang sangat langka, penyakit ini sangat sulit dipahami.

Namun, hematidrosis biasanya terjadi saat seseorang mengalami rasa takut atau stres yang ekstrem. Seseorang yang akan menghadapi kematian, mungkin mengalami stres ini. Saat dihadapkan dengan tekanan, tubuh memiliki respon fight atau flight (fight atau escape).

Ini adalah respons alami tubuh saat menghadapi ancaman. Bantu kami bertahan saat situasi berbahaya.

Tubuh melepaskan bahan kimia, seperti adrenalin dan kortisol, yang mempersiapkan kita untuk melawan atau melepaskan diri dari bahaya. Kita menjadi lebih waspada dan energi meningkat. Respon tubuh ini bersifat sementara dan biasanya tidak menimbulkan masalah kesehatan.

Namun, dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, respons fight atau flight ini dapat memicu pecah kapiler di tubuh. Kapiler adalah pembuluh darah kecil yang terletak di jaringan. Membawa nutrisi penting untuk berbagai bagian tubuh.

Kapiler juga ditemukan di sekitar kelenjar keringat. Dalam kasus stres berat, pembuluh darah kecil ini bisa pecah dan menyebabkan darah mengalir keluar dari tubuh melalui kelenjar keringat.

Penyebab lainnya

Kapiler yang rusak bisa menyebabkan hematidrosis, namun ada juga teori lain bahwa darah keluar dari keringat. Diantaranya, karena 'representasi menstruasi'. Ini adalah kondisi di mana darah meninggalkan tubuh melalui tempat lain, selain rahim, saat menstruasi.

Selain itu, ada juga teori manfaat lari pagi purpura psikogenik, yaitu pendarahan spontan dan memar tanpa luka atau sebab lain yang diketahui.

Bagaimana menangani hematidrosis

Hematidrosis tampaknya tidak mengancam jiwa. Untuk menghentikan pendarahan di permukaan kulit, cara melakukannya adalah dengan mengetahui penyebab stres yang memicu gangguan tersebut.

Dokter akan melakukan berbagai tes diagnostik. Ini membantu mereka:

periksa jumlah darahnya
periksa jumlah trombosit
mencegah pendarahan tambahan

Beberapa dokter juga akan melakukan tes laboratorium untuk memeriksa fungsi ginjal dan hati. Mereka dapat meminta sampel urin dan tinja untuk memeriksa kelainan apapun. Ultrasonografi lambung atau endoskopi gastrointestinal juga membantu untuk mengetahui kondisi lain.

Jika hasil tes laboratorium tidak menunjukkan adanya kelainan, dan jika Anda stres, dokter Anda akan merekomendasikan mengatasi rasa takut dan stres. Misalnya saat pemberian antidepresan atau terapi psikologis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kenala 7 Gejala Awal Saat Jantung Alami Gangguan

Jantung adalah organ vital bagi tubuh manusia. Jika fungsi dan pekerjaan bermasalah, kesehatan tubuh akan diubah. Bahkan gangguan jantung bi...